Tentang AL IMAN

Tentang AL IMAN

Penamaan AL-IMAN

AL IMAN adalah organisasi yang mewadahi alumni Ikatan Mahasiswa Nahdliyyin (IMAN) Politeknik Keuangan Negara – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

IMAN PKN-STAN merupakan organisasi yang menjalankan kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan dan dakwah sesuai paham Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyyah. Pada 9 Mei 1991 IMAN secara resmi terbentuk atas inisiatif dari M. Dawud Arif Khan, salah satu mahasiswa STAN, setelah selama setahun sebelumnya mengadakan kegiatan rutin pembacaan yasin dan tahlil tiap malam Jum’at bersama mahasiswa lainnya.

Sejarah AL-IMAN

Dalam perjalanannya selama lebih dari dua dekade, IMAN telah menghasilkan alumni yang tidak sedikit jumlahnya dan tersebar di berbagai penjuru tanah air Indonesia. Namun, sepanjang eksistensinya, IMAN belum mampu membentuk sebuah ikatan organisasi yang terstruktur, terorganisir, dan terhubung lintas angkatan bagi para alumni IMAN. Ikatan organisasi tersebut sangat penting, mengingat jumlah alumni IMAN yang sangat banyak dan belum dapat terkoneksi baik sesama alumni maupun dengan anggota aktif IMAN.

Melihat kondisi tersebut, beberapa alumni IMAN memiliki gagasan untuk mengumpulkan kembali para alumni IMAN lintas angkatan yang telah tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan selama 25 tahun tidak bernostalgia dengan kegiatan-kegiatan yang dulu dijalani bersama IMAN. Tepat pada tanggal 21 Maret 2015, para alumni IMAN melakukan pertemuan untuk pertama kalinya yang berlokasi di Gedung F Kampus STAN. Salah satu hasil terpenting dari pertemuan tersebut adalah terbentuknya Dewan Alumni IMAN yang diketuai oleh Mokhamad Rizal Fanani, alumni IMAN tahun 2005.

AL IMAN 2015 s.d. 2017 (Periode I)

Kepengurusan pertama AL IMAN memiliki tugas berat dalam mengkonsolidasikan
seluruh alumni IMAN yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan tugas tersebut, Ketua terpilih membentuk kepengurusan yang terdiri dari alumni IMAN yang memiliki militansi yang tinggi terhadap organisasi.

Berikut susunan pengurus AL IMAN periode 2015 s.d. 2017

Ketua : Mokhamad Rizal Fanani
Wakil Ketua : Faris Zain
Sekretaris : Ahmad Khizazi dan Pito Secha Maulia
Divisi Kaderisasi : Rosyid Bagus Ginanjar Habibi dan Uluwan Maurits Thuba
Divisi Korwil : Shabahul Arafi dan A. Zakish Shodri
Divisi Kewirausahaan : Ahmad Jamilul Khuluk dan M. Abu Bakar
Divisi Humas : Kunkun Suryadi dan Khoirul Anwar
Divisi Dana Umat : Tamam Khaulani dan Abdulloh Rifqi Jauhari
Divisi Pemberdayaan IMANISA : Vika Widyanigrum dan Etika Huurun Ien

AL IMAN 2017 s.d. 2020 (Periode II)

Kepengurusan periode II mendapat amanat untuk melanjutkan perjuangan yang telah dirintis sebelumnya. Pada periode II ini, tugas yang menanti adalah untuk menata fondasi seluruh organisasi, mulai dari AD ART sampai penyusunan pola kaderisasi.

Berikut susunan pengurus AL IMAN periode 2017 s.d. 2020

  1. Ketua : Ust. Subkhan, MBA
  2. Wakil Ketua : M. Rizal Fanani
  3. Sekretaris : Ust.Ichsan Nafarin
    4. Wakil Sekretaris : Hanto Widyastomo
  4. Bendahara :  M. Syaifudin Luthfi
  5. Wakil Bendahara :  Pito Secha Maulia